Rabu, 03 Desember 2014

Amoeba,Paramecium,Euglena,Volvox



Amoeba
?Aa
Wilson1900Fig3.jpg
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Ordo:
Tubulinida
Famili:
Genus:
Amoeba
Bory de Saint-Vincent, 1822
Species
Ameba atau amuba adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan protista yang bergerak dengan pseudopodia, atau merujuk pada genus yang meliputi spesies yang bergerak dengan mekanisme tersebut.
Sejarah
Amoeba pertama kali ditemukan olehy August Johann Rösel von Rosenhof pada 1757.[1] Ilmuwan awalnya menamakan Amoeba sebagai Proteus animalcule sesuai dewa Yunani Proteus yang bisa mengubah bentuknya. Nama "amibe" diberikan oleh Bory de Saint-Vincent, dari Bahasa Yunani amoibè (αμοιβή), yang berarti berubah.
Amoeba merupakan salah satu anggota Rhizopoda yang terkenal.  Bentuk Amoeba senantiasa berubah-ubah, hidupnya bebas, terdapat di tanah becek atau di perairan yang banyak mengandung bahan organik tetapi ada juga amoeba yang hidup sebagai parasit yang sering dikenal dengan sebutan Entamoeba
StrukturAmoeba

 

Ciri-Ciri Amoeba

  • Memiliki Kaki Semu (pseudopodia) sebaga alat gerak.
  • Bersel Satu
  • Hidup Bebas, di tanah atau tempat berair yang mengandung zat organiik
  • Berkembang biak dengan membelah diri (pembelahan biner)

Struktur tubuh Amoeba

Amoeba memiliki membran sel yang berfungsi
  • Sebagai pelindung inti sel
  • Pengatur pertukaran zat
  • Alat pergerakan
  • Untuk menangkap rangsangan dari luar
Sitoplasma pada Amoeba :
  • Ektoplasma:  sitoplasma bagian luar dan bersifat encer
  • Endoplasma: sitoplasma bagian dalam dan bersifat kental
Amoeba Memiliki Vakuola Makanan berfungsi untuk
  Tempat mencerna makanan dan Alat ekresi sisa makanan berbentuk padat
Amoeba Memiliki Vakuola Kontraktil berfungsi untuk
Mengatur kadar air dalam sitoplasma (osmosis) dan sebagai alat ekskresi

Cara Amoeba Bergerak, Menangkap dan Mencerna Makanan

  • Pada permukaan sel amoeba terbentuk pseudopodia
  • Aliran sitoplasma memunculkan gerak amoebid bertujuan untuk mendekati makanan
  • Sesampai di dekat makanan, pseudopodia mengelilinginya
  • Selanjutnya makananmasuk ke Amoeba melalui permukaan membran plasma
  • Makanan yang ada di dalamnya dicerna menggunakan vakuola makanan

Paramecium

?Paramecium
Paramecium aurelia
Paramecium aurelia
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Paramecium
Müller, 1773
Species
Klasifikasi
- Kingdom : Animalia
- Filum       : Protozoa
- Class        : Infosoria   
- Ordo        : Holotrichida
- Family      : Holotrichidae
- Genus       : Paramecium  
- Spesies     : Paramecium caudatum
Gambar
2.2.  MORFOLOGI Paramecium caudatum
Paramecium ini berukuran sekitar 50-350ɰm. yang telah memiliki selubung inti (Eukariot). Protista ini memiliki dua inti dalam satu sel, yaitu inti kecil (Mikronukleus) yang berfungsi untuk mengendalikan kegiatan reproduksi, dan inti besar (Makronukleus) yang berfungsi untuk mengawasi kegiatan metabolisme, pertumbuhan, dan regenerasi. Sistem reproduksi pada protista yaitu secara aseksual (membelah diri dengan cara transversal), dan seksual (dengan konjugasi). Paramecium bergerak dengan menggetarkan silianya, yang bergerak melayang-layang di dalam air. Cara menangkap makanannya adalah dengan cara menggetarkan rambut (silianya), maka terjadi aliran air keluar dan masuk mulut sel. Saat itulah bersamaan dengan air masuk bakteri bahan organik atau hewan uniseluler lainnya. memiliki vakuola makanan yang berfungsi untuk mencerna dan mengedarkan makanan, serta vakuola berdenyut yang berguna untuk mengeluarkan sisa makanan.
Bagian tubuh yang terlebar adalah bagian tengah dengan suatu lekukan mulut. Bagian anterior tumpul, sedangkan bagian posterior runcing. Kulitnya tipis dan elastis. Adapun yang menutupi kulit adalah rambut-rambut kecil yang jumlahnya banyak, yang disebut silia. Lubang bagian belakang disebut pori anal. Pada bagian luar paramecium ditemukan vakuola kontraktil dan kanal. Dan bagian dalam paramecium terdapat sitoplasma, trichocysts, kerongkongan, vakuola makanan, macronucleus dan mikronukleus itu sendiri. Paramecium sering disebut sepatu animalcules karena bentuknya seperti sepatu atau sandal.
Paramecium bergerak maju sambil mengadakan gerak rotasi yang arah perputarannya bila dilihat dari belakang berlawanan dengan arah jarum jam. Pergerakanya tersebut terjadi karena perpaduan antara gerak silia tubuh seperti sistem dayung dan gerak silia pada oral groove yang sangat kuat.
Paramecium memakan mikroorganisme seperti bakteri, alga, dan ragi. paramecium menggunakan silia untuk menyapu makanan bersama dengan air ke dalam mulut sel setelah jatuh ke dalam alur lisan. Makanan berjalan melalui mulut ke dalam tenggorokan dalam sel. Jika ada cukup makanan di dalamnya sehingga telah mencapai ukuran tertentu, melepaskan diri dan membentuk vakuola makanan.  Vakuola makanan berjalan menuju sel. Lalu bergerak sepanjang enzim dari sitoplasma masuk vakuola dan mencernanya. Makanan dicerna kemudian masuk ke dalam sitoplasma dan vakuola semakin kecil dan lebih kecil. Ketika vakuola mencapai pori anal limbah sisa belum dicernakan akan dihapus. Paramecium dapat mengeluarkan trichocyts ketika mereka mendeteksi makanan, dalam rangka untuk lebih menangkap mangsanya. Trichocyts ini diisi dengan protiens. Trichocysts juga dapat digunakan sebagai metode pertahanan diri. Paramecium adalah heterotrophs. bentuk umum mereka dari mangsanya adalah bakteri. Hewan ini banyak hidup di air tawar, mudah ditemukan pada sisa tumbuhan yang membusuk
Selain itu Paramecium juga memiliki beberapa sel dari Paramecium caudatum yang memiliki fungsi masing – masing disini akan disebutkan fungsi tersebut :
  1. Pelikel/Pelliculus – meliputi membran yang melindungi paramecium seperti kulit.
  2. Cilia – pelengkap seperti rambut yang membantu bergerak dan makanan paramecium.
  3. Rongga Mulut – mengumpulkan dan mengarahkan makanan ke dalam mulut sel.
  4. Mulut sel/Cytosome – untuk makanan.
  5. Cytopharynix – tekak sel.
  6. Pori Anal – untuk mengeluarkan limbah
  7. Vakuola Kontraktil (Vakuola berdenyut) – untuk mengeluarkan sisa makanan cair dengan berkontraksi/berdenyut.
  8. Vakuola Makanan – untuk mencerna makanan sambil mengedarkan ke seluruh sel.
  9. Sitoplasma – cairan antar sel yang dibutuhkan untuk komponen sel penting
  10. Trichocyst – digunakan untuk pertahanan
  11. Tenggorokan – jalan makanan menuju vakuola makanan
  12. Macronucleus – yang berfungsi untuk mengawasi kegiatan metabolisme, pertumbuhan, dan regenerasi.
  13. Mikronukleus – yang berfungsi untuk mengendalikan kegiatan reproduksi, dan inti besar.
FISIOLOGI Paramecium caudatum
1.      Sistem Reproduksi
Paramecium caudataum  memperbanyak diri atau bereproduksi dengan cara aseksual dan seksual. Secara aseksual dengan pembelahan biner yaitu membelah menjadi dua secara mitosis, kemudian dilanjutkan oleh makronukleis secara amitosis. Tampak satu sel membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, 8, dan seterusnya. Pembelahan ini diawali dengan mikronukleus yang membelah dan diikuti oleh pembelahan makronukleus. Kemudian akan terbentuk 2 sel anak setelah terjadi penggentingan membran plasma. Perlu Anda ketahui masing-masing sel anak tersebut identik dan alat sel lainnya mempunyai dua nukleus sitoplasma.
Selain itu dapat pula berkembang biak secara konjugasi (Jasin, 2007). Konjugasi pada Paramecium sebagai berikut:
  1. Paramaecium berdekatan dan saling menempelkan bagian mulutnya
  2. Mikronukleus membelah berturut-turut menjadi empat mikronukleus, makronukleusnya lenyap/menghilang
  3. Tiga mikronukleus lenyap, satu mikronukleus membelah lagi menjadi dua mikronukleus yang berbeda ukurannya (besar dan kecil), kemudian mikronukleus yang kecil dipertukarkan antar dua Paramaecium yang berlekatan tadi sehingga menghasilkan zigot nukleus. Setelah itu Paramaecium memisah.
  4. Selanjutnya zigot nukleus membelah tiga kali berturutturut menghasilkan delapan inti baru
  5. Kemudian tiga inti lenyap, empat inti bergabung menjadi makronukleus dan satu inti menjadi mikronukleus.
  6. Pada akhirnya Paramaecium akan membelah dua kali berturut-turut yang menghasilkan empat Paramaecium baru.
 Gambar
Gambar. Konjugasi pada Paramecium caudatum

Euglena
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/0e/Euglena_scheme_no_arrows.svg/220px-Euglena_scheme_no_arrows.svg.png
http://bits.wikimedia.org/static-1.23wmf8/skins/common/images/magnify-clip.png
Euglena viridis.
Euglena viridis adalah sejenis alga bersel tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung anterior (depan) tumpul dan meruncing pada ujung posterior (belakang). Setiap sel Euglena dilengkapi dengan sebuah bulu cambuk (flagel) yang tumbuh pada ujung anterior sebagai alat gerak. Pada ujung anterior ini juga terdapat celah sempit yang memanjang ke arah posterior. Pada bagian posterior, celah ini melebar dan membentuk kantong cadangan atau reservoir. Flagel terbentuk di sisi reservoir. Di sisi lain dari flagel terdapat bintik mata yang sangat peka terhadap rangsangan sinar matahari. Tubuh Euglena terlindung oleh selaput pelikel, sehingga bentuk tubuhnya tetap. Di sebelah dalam selaput pelikel terdapat sitoplasma. Di dalam sitoplasma ini terdapat berbagai organel seperti plastida, kloroplas, nukleus, vakuola kontraktil, dan vakuola nonkontraktil.
Euglena dapat hidup secara
autotrop maupun secara heterotrop. Pada saat sinar matahari mencukupi, Euglena melakukan fotosintesis. Tetapi bila tidak terdapat sinar matahari, Euglena mengambil zat organik yang terlarut di sekitarnya. Pengambilan zat organik dilakukan dengan cara absorbsi melalui membran sel. Selanjutnya, zat makanan itu dicernakan secara enzimatis di dalam sitoplasma.
Perkembangbiakan Euglena
Euglena berkembangbiak secara vegetatif, yaitu dengan pembelahan biner secara membujur. Pembelahan ini dimulai dengan membelahnya nukleus menjadi dua. Selanjutnya flagel dan sitoplasma serta selaput sel juga terbagi menjadi dua. Akhirnya terbentuklah dua sel euglena baru.
http://3.bp.blogspot.com/-sYheU1zw3kQ/UKrEXsrC0aI/AAAAAAAAAEc/-jCdZGEFj1Q/s320/Gambar-Struktur-Euglena.jpg
Gambar disamping ini adalah Struktur Euglena  - Ciri ciri Euglena
Pengertian Euglena viridis adalah sejenis alga bersel tunggal yang berbentuk lonjong dengan ujung anterior (depan) tumpul dan meruncing pada ujung posterior (belakang). Ciri ciri Struktur Euglena di Setiap sel Euglena dilengkapi dengan sebuah bulu cambuk (flagel) yang tumbuh pada ujung anterior sebagai alat gerak.
Pada ujung anterior ini juga terdapat celah sempit yang memanjang ke arah posterior. Pada bagian posterior, celah ini melebar dan membentuk kantong cadangan atau reservoir. Flagel terbentuk di sisi reservoir. Di sisi lain dari flagel terdapat bintik mata yang sangat peka terhadap rangsangan sinar matahari.
Tubuh Euglena terlindung oleh selaput pelikel, sehingga bentuk tubuhnya tetap. Di sebelah dalam selaput pelikel terdapat sitoplasma. Di dalam sitoplasma ini terdapat berbagai organel
autogami (fusi antara nukleus sel-sel anak). Inti hasil fusi kemudian membelah meiosis membentuk empat nukleus yang masing-masing berkembang menjadi sel vegetatif.

Ciri-ciri Euglena. Euglena merupakan organisme uniseluler. Ini berarti bahwa organisme hanya memiliki satu sel tunggal di dalam tubuhnya. Ia hidup di air tawar seperti genangan air yang tenang atau kolam atau kolam renang. Ini milik Kerajaan Protista yang juga terdiri dari bentuk kehidupan lainnya seperti amuba dan paramecium. Pada dasarnya, ini dapat digambarkan sebagai jenis protozoa dengan karakteristik campuran dari kedua tanaman dan hewan. Hal ini mirip dengan tanaman karena dapat menyiapkan makanan sendiri dengan fotosintesis. Kemiripannya dengan hewan terletak pada fakta bahwa ia dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
Ciri-ciri Euglena
Ciri-ciri Euglena
Ciri ciri Euglena
  • Organisme bersel tunggal dengan susunan sel eukariota
  • Sel tidak dibungkus oleh dinding selulosa, melainkan oleh perikel berprotein, yang berada didalam plasmalema. Pada kebanyakan Euglenoid, perikel itu bersifat lentur sehingga memungkinkan perubahan bentuk sel, tetapi pada beberapa jenis, perikel ini kaku sehingga sel memiliki bentuk tetap.
  • Ujung depan sel euglenoid melekuk kedalam membentuk saluran yang ujung dalamnya meluas menjadi rongga membulat membentuk reservoar. Saluran dan reservoar itu walaupun dianggap sebagai terusan tempat partikel makanan padat masuk kedalam sel.
  • Beberapa euglenoid berfotosintesis dan yang lain tidak. Anggota-anggota yang berpigmen memiliki kloroplas yang berisi klorofil a dan b. Hasil fotosintesis disimpan sebagai paramilon, sebuah polimer glukosa yang berbentuk butiran dalam sitoplasma.
  • Pada dasarnya euglenoid memiliki dua buah flagel tipe cambuk berjumbai, dengan tonjolan lateral yang berupa bulu yang terletak pada satu barisan sepanjang flagel.
  • Perkembangbiakan seksualnya mungkin tidak terjadi atau jika ada jarag sekali terjadi


Volvox
?Volvox
Volvox aureus
Volvox aureus
Filum:
Upafilum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Volvox
L.
Spesies
Volvox aureus
Volvox carteri (V. nagariensis)
Volvox globator
Volvox dissipatrix
Volvox tertius
Volvox adalah salah satu spesies ganggang hijau yang berbentuk koloni. Koloni Volvox berbentuk menyerupai bola. Pada sel-sel vegetatif bagian tepi berflagel dua. Koloni sel tersebut dihubungkan satu dengan yang lain melalui benang-benang sitoplasma. Volvox hidup di air tawar misalnya di sawah atau di kolam.
Perkembangbiakan Volvox
  • Perkembangbiakan vegetatif dengan menggunakan sel-sel vegetatif yang ukurannya lebih besar dari sel vegetatif lainnya yang terdapat di dalam koloni. Sel-sel itu dinamakan gonidia yang merupakan sel pemula. Koloni anak gonidia akan membelah berulang kali sehingga terbentuk koloni baru yang berukuran kecil, yang kemudian lepas dari koloni induk dan tumbuh menjadi koloni Volvox baru.
  • Perkembangbiakan generatif Volvox secara oogami sebagai berikut. Di dalam koloni terdapat sel vegetatif yang lebih besar dari sel vegetatif yang lain. Sel vegetatif tersebut akan berkembang menjadi anteridium yang menghasilkan anterozoid dan oogonium yang menghasilkan sel telur (ovum). Ovum yang telah dibuahi menjadi zigot yang kemudian mengalami pembelahan, sehingga terbentuk koloni anak.

volvox
Klasifikasi
Divisio          :    Chlorophyta
Kelas            :    Chlorophyceae
Ordo             :    Volvocales
Familia          :    Volvocaceae
Genus           :    Volvox
Spesies          :    Volvox  sp. (Imam Prasetyo, 1967)
Habitat
Sebagai plankton di dalam air tawar.
Perkembangbiakan
Seksual secara oogami
Aseksual dengan pembelahan sel membentuk koloni anakan (Smith, 1955).
Volvox merupakan jenis ganggang hijau atau klorofita.
Di antara genera ganggang hijau yang membentuk koloni bola, Volvox adalah jenis yang paling maju.
Pada setiap koloni Volvox terdapat hingga 50.000 sel berflagelata. Helai sitoplasma Volvox yang menghubungkan tiap sel membuat warna koloni menjadi kehijauan.
Volvox ditemukan hidup di air tawar. Selokan, kolam, dan genangan air dangkal adalah tempat dimana organisme ini berkembang biak dengan baik.
Karakteristik Volvox
Terdapat beberapa karakteristik Volvox yang terangkum sebagai berikut:
1. Volvox tumbuh baik di badan air eutrofik yang menyediakan segala nutrisi bagi pertumbuhannya.
2. Setiap sel dalam koloni Volvox memiliki dua flagela. Organisme ini memiliki sepasang vakuola kontraktil beserta kloroplas yang berbentuk seperti cangkir.


DAFTAR PUSTAKA






nadyamamah.blogspot.com/2012/11/struktur-euglena.html

ilmubiologi.com/search/perkembangbiakan-euglena

Silverside, Alan J. 2003. Oscillatoria Vaucher (online) (http://www-biol.paisley.ac.uk/bioref/Eubacteria/Oscillatoria.jpg, diakses tanggal 8 November 2008)
Stigeoclonium Kützing. 2008. Green Algae (online) (http://video.conncoll.edu/f/pasiv/lucid/Stigeoclonium, diakses tanggal 8 November 2008).
Tjiptrosoepomo, Gembong. 1989. Taksonomi Tumbuhan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ulothrix. 2008. Ulothrix (online) (http://species.wikimedia.org/ulothrix, diakses tanggal 8 November 2008).
Wikipedia. 2007. Klebsormidium (online)  (http://species.wikimedia.org/w/index.php?title=Klebsormidium_flaccidum, diakses tanggal 8 November 2008).
______. 2008. Navicula (online) (http://en.wikipedia.org/wiki/navicula, diakses tanggal 8 November 2008).
______. 2008. Water Net (online) (http://en.wikipedia.org/wiki/hydroctyon, diakses tanggal 8 November 2008).


2 komentar:

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085365566333
    PIN : d2e26405

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  2. Mantaps, terimakasih sangat membantu.

    BalasHapus