Sabtu, 06 Desember 2014

hewan dan tumbuhan terancam punah di Indonesia



HEWAN INDONESIA YANG HAMPIR PUNAH



1.        Bermuda Petrel
1

Penemuan kembali Bermuda Petrel yang Dramatis telah menjadi salah satu kisah yang paling inspiratif dalam sejarah konservasi alam. Punah selama 330 tahun, burung-burung tidak pernah terlihat sejak tahun 1620. Kemudian, pada tahun 1951, 18 pasangan ditemukan di pulau karang terpencil di Pelabuhan Benteng. Meskipun demikian, mereka masih berjuang kepunahan hari ini dengan hanya populasi global lebih dari 250 individu.


2.        Chacoan Peccary 
1

Chacoan adalah yang spesies Marmut terbesar (berdasarkan ukuran) , seekor binatang yang menyerupai babi tetapi berasal dari benua yang berbeda dan tidak dapat dijinakkan. Chacoan peccary yang pertama kali dijelaskan pada tahun 1930 hanya didasarkan pada catatan fosil, dan dipercaya telah punah. Kemudian pada tahun 1975, para peneliti terkejut menemukan satu hidup di wilayah Chaco Paraguay. Sekarang ini ada sekitar 3.000 individu.
3.        Monito del Monte

1

The Monito del Monte adalah luar biasa ajaib, bertubuh kecil berkantung diyakini telah punah selama 11 juta tahun hingga satu ditemukan di rumpun bambu Chili di selatan Andes. Makhluk yang lebih erat kaitannya dengan marsupial Australia daripada Amerika Selatan yang lain, dan kemungkinan berkaitan dengan marsupial Australia yang dikenal paling awal yang hidup 55juta tahun yang lalu.

4.        New Holland mouse
1
Tikus Belanda Baru pertama kali ditemukan pada tahun 1843. Itu lenyap dari pandangan selama lebih dari satu abad sebelum penemuan kembali di Ku-ring-gai Chase Taman Nasional utara Sydney pada tahun 1967. Makhluk yang lucu masih berjuang untuk eksistensi mereka berani meskipun upaya konservasi. Salah satu penduduk Victoria yang terpencil itu musnah kebakaran hutan di Australia tahun 1983, walaupun populasi sehat masih ada di New South Wales dan Tasmania.
 
5.        Large-billed reed-warbler

1

Spesies ini telah dikatakan sebagai burung yang paling tidak dikenal. Hanya diketahui dari satu spesimen yang dikumpulkan pada 1867, dan diyakini telah lama punah. Kemudian di Thailand pada tahun 2006, populasi liar ditemukan dan dikonfirmasi untuk menjadi besar-billed buluh-warblers melalui pencocokan DNA spesimen yang asli. Hari ini sebagian besar burung-burung tetap menjadi misteri.

6. Burung Condor California
www.belantaraindonesia.org

California condor ( Gymnogyps californianus ) punya masa hidup hingga 50 tahun. Namun, perburuan, racun, dan hilangnya habitat, menjadikannya salah satu burung paling langka di dunia. Bahkan pada era 1980 - an, burung ini nyaris tak bersisa. Berkat usaha pelestarian, saat ini masih ada 332 condor yang tersisa, 152 di antaranya di alam bebas.

7.  Orangutan Sumatera
www.belantaraindonesia.org

Orangutan dari Indonesia ini mengalami nasib terancam punah karena hal sama: perburuan dan hilangnya habitat. Selain itu, orangutan sumatra ( Pongo abelii ) sulit bertambah karena siklus reproduksi yang rendah. Satu orangutan betina hanya mampu memproduksi tiga keturunan sepanjang hidupnya.
8. Hiu Gangga
www.belantaraindonesia.org

Sesuai namanya, hiu gangga ( Glyphis gangeticus ) hidup di Sungai Gangga, India. Penyebab kepunahan spesies ini berasal dari perburuan, hilangnya habitat karena polusi air, dan meningkatnya penggunaan sungai oleh warga.
9. Gorila Gunung
www.belantaraindonesia.org

Populasi gorila gunung ( Gorilla beringei ) berkurang drastis karena penggundulan hutan, perburuan, dan perdagangan menjadi hewan peliharaan. Membuat populasi mereka hanya tersisa 720 individu di alam liar.


5. Buaya Filipina
www.belantaraindonesia.org

Meski dilindungi, survei di tahun 1995 menyebutkan jumlah buaya filipina ( Crocodylus mindorensis ) hanya tersisa 100 individu dewasa.



TUMBUHAN INDONESIA YANG HAMPIR  PUNAH
1.    Kantong Semar (Nepenthes Sp)
Kantong Semar (Nepenthes Sp)
Kantong Semar (Nepenthes Sp)

Tumbuh merambat dengan tinggi mencapai 12 kaki atau sekitar 4 m. Perangkap pasif yang dihasilkan di ujung daun memerangkap dan mencerna serangga kecil. Warna hijau terang, sering dengan bintik-bintik terang atau merah gelap atau ungu. Tergantung pada tempatnya tinggal banyak kebutuhan Nepenthes dapat dipenuhi dengan cara beradaptasi dengan lingkungan tempatnya tumbuh. Nepenthes sangat fleksibel dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi pertumbuhan yang berbeda.

2.        Tengkawang atau Meranti Merah (Shorea singkawang)
Tengkawang / Meranti Merah (Shorea singkawang)
Tengkawang atau Meranti Merah (Shorea singkawang)
Shorea singkawang (juga disebut Dark Red Meranti atau Meranti Merah) adalah jenis tumbuhan dalam keluarga Dipterocarpaceae. Tanaman ini ditemukan di Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Tanaman ini terancam oleh hilangnya habitat.
3.        Bawang Hutan (Scorodocarpus borneensis)
Bawang Hutan (Scorodocarpus borneensis)
Bawang Hutan (Scorodocarpus borneensis)

Diameter batang mencapai 82 cm dengan tinggi pohon sampai dengan 42 m. Tumbuh pada daerah dengan ketinggian 700 m. Biasanya tumbuh di lereng bukit maupun sepanjang aliran sungai. Tersebar di Kalimantan, Sumatera, Thailand dan Semenanjung Malaysia.
4.        Kapur Barus (Dryobalanops camphora)
Kapur Barus (Dryobalanops camphora)

Kapur Barus (Dryobalanops camphora) adalah jenis tanaman dalam keluarga Dipterocarpaceae. Spesies ini adalah salah satu sumber utama dari kapur barus dan menarik pedagang Arab awal ke Kalimantan, pada saat ini senilai lebih dari emas, dan digunakan untuk dupa dan parfum.
Tumbuhan langka ini ditemukan di Sumatra, Semenanjung Malaysia dan Kalimantan.
Tanaman ini adalah pohon besar, tinggi hingga 65 m atau bahkan 75 m, ditemukan di hutan campuran pada tanah yang dalam humat berpasir kuning. Tanaman ini adalah kayu keras berat yang dijual di bawah nama dagang dari “Kapur”. Hal ini dicatat dari setidaknya dua daerah yang dilindungi (Lambir dan Gunung Mulu National Parks).
Kapur Barus (Dryobalanops camphora)
5.        Mangga Kasturi (Mangifera casturi)
Mangga Kasturi (Mangifera casturi)
Mangga Kasturi (Mangifera casturi)

Mangifera casturi (juga disebut Mangga Kalimantan atau Mangga Kasturi) adalah jenis tanaman dalam keluarga Anacardiaceae. Tumbuhan langka ini endemik atau hanya ada di Indonesia, tetapi sekarang dianggap punah di alam liar.

6. Bunga Anggrek.
Foto: rianiflower.files.wordpress.com
Penentuan spesies prioritas dilakukan berdasarkan kategorinya. Terdapat tiga kategori yang dibagi menjadi kategori A, B dan C. Tumbuhan yang termasuk kategori A berarti memerlukan aksi konservasi segera, untuk kategori B artinya aksi konservasi masih dapat ditunda, sementara kategori terakhir menandakan bahwa tumbuhan tersebut belum memerlukan aksi konservasi.

7. Bunga Sanur
http://www.pastinews.com/wp-content/uploads/2010/07/65-Flora-Indonesia-Terancam-Punah.jpg
Flora yang masuk kategori langka tersebut seperti Gaharu, Palm, Anggrek dan Kantong Semar. Flora-flora ini dimasukkan dalam kategori langka karena jumlah tumbuhanya yang mulai terbatas di alam. Seperti Gaharu yang hanya ditemukan 3 pohon per-0,4 hektar hutan.
8. Kantong Semar
http://3.bp.blogspot.com/_3EuCGSZXpKA/S0_RtYuk8UI/AAAAAAAADLM/aaG3aOXPUA4/s400/SEMAR.jpg
Hasil penilaian para pakar tumbuhan pada pertemuan yang digagas LIPI awal pekan ini menetapkan 191 spesies dari empat famili tanaman menjadi prioritas konservasi tahun ini. "Dari 191 diperas lagi jadi 100 spesies," kata Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas itu.

Empat famili itu yakni anggrek-anggrekan (Orchidaceae), palem-paleman (Arecaceae), paku-pakuan (Cyatheaceae), dan kantong semar (Nepenthaceae) adalah taksa-taksa dengan jumlah spesies berkategori terancam punah paling banyak.

Tanaman langka dari famili lainnya menunggu tahap konservasi selanjutnya, ujarnya sambil menambahkan, angka 191 itu diambil berdasarkan referensi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan pendapat para pakar di bidangnya.
9. Rafflesia Arnoldi
 Tumbuhan langka di Indonesia
Hutan hujan di Indonesia adalah rumah bagi beberapa tingkat keanekaragaman hayati tertinggi di dunia. Tersebar di delapan belas ribu pulau, Indonesia memiliki daerah terbesar ketiga di dunia setelah hutan hujan Amazon dan Afrika Kongo Basin. Tragisnya, cepat hilangnya hutan Indonesia menyebabkan kini makin banyak tumbuhan dan hewan langka di Indonesia terancam punah. Hanya tindakan tegas dan pergeseran paradigma terhadap komitmen konservasi bermakna oleh industri dan pemerintah Indonesia yang harusnya mencegah epidemi bencana kepunahan spesies langka dalam dekade mendatang.
10. Meranti Merah
Pohon tengkawang (Shorea sp.), sejenis meranti merah
Meranti merah adalah nama sejenis kayu pertukangan yang populer dalam perdagangan. Berbagai jenis kayu meranti dihasilkan oleh marga Shorea dari suku Dipterocarpaceae. Sekitar 70 spesies dari marga ini menghasilkan kayu meranti merah

1 komentar:

  1. Taipanbiru
    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus