Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Responding to initial greetings
Pertemuan Ke :
A. Standar Kompetensi
Mendengarkan
1.
Memahami makna dalam
percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam
bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/
undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (
bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima janji,
dan membatalkan janji
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
|
Religius, jujur,
toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu,
semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta
damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab,
mandiri
|
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi pada tugas (bermotivasi,
tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk
masa depan)
D. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
·
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
E. Materi Pokok
Responding to initial greetings
- very well, thank you and how are you.
-
I’m
good/okay/alright
-
Very well.
Thank you
-
Oh, pretty
good
-
Not to
bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
exellent
F. Metode Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§
Bertanya jawab tentang tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Membahas unsur dan langkah retorika dalam pertanyaan teks tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§
Membacakan cerita kepada kelompok atau kelas
(monolog).
§
Menceritakan kembali cerita kepada kelompok
atau kelas (monolog).
§
Membahas kesulitan yang dihadapi siswa dalam
melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§
Dengan kelompok belajarnya, siswa diberi tugas
untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap kegiatan kepada guru,
a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan yang dihadapi.
§
tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok belajarnya
§
Membahas unsur dan langkah retorika dalam teks
naratif.
§
Membahas ciri-ciri leksikogramatika.
§
Membacakan cerita kepada kelompok (monolog).
§
Menceritakan kembali cerita kepada kelompok
(monolog).
|
§
Siswa melakukan berbagai kegiatan terkait
dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap muka dan terstruktur yang
diberikan guru.
§
Siswa mengumpulkan setiap hasil kerja dalam
portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah diperoleh serta kesulitan yang
dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
§
Kegiatan
Awal (10’)
-
Mengucapkan
salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai
yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai
yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan
dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan
ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang
terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang
tertera di buku teks
§
Kegiatan
Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi guru:
§ Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan
teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
§ Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan
teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi guru:
§ Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan
teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi guru:
§ Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§ Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§ Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§ Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Kegiatan
Akhir (10’)
§ Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§ Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu
dan berpisah.
§ Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§ Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§ Buku
Inter-Language Kelas X
§ Kaset/CD
§ Tape
§ Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Performance Assessment (responding)
Tes Lisan
|
Melengkapi dialog
Membuat dialog
|
Read and give a response to the following expressions.
To end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Read and give a response to the following expressions.
1. How
are you doing ?
2. Hello,
3. see
you tomorrow
4. goodbye
5. see
you about seven, then.
6. good
night
7. see
you later
8. how
do you do ?
9. see
you soon.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of
Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|
|
|
2
|
Intonation
|
|
|
|
3
|
Stress
|
|
|
|
4
|
Gestures
|
|
|
|
|
Total
|
|
|
|
|
Total Score
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Nilai Budaya
& Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Penca-paian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Mendengarkan
1 Memahami makna dalam percakapan transaksional
dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah,
menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatal-kan janji
|
Responding to initial
greetings
-
very well, thank you
and how are you.
-
I’m good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
Exellent
Closing/ leave
taking
-
goodbye
-
bye bye, bye now,
see you, take care
-
see you later..fine
-
see you …soon
-
see you tonight..all right
-
good night
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
percakapan interpersonal/transaksi onal melalui tape secara klasikal
·
Mendiskusikan
berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang
didengar secara berpasangan.
·
Mendiskusikan
respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar secara berkelompok
|
·
Merespon
dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Quiz
Ulangan
Tertulis Tugas
|
(14 x 45)
1 x 45’
2 x 45’
3 x 45’
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia,
menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
Expreesing happiness : formal
§
oh,
I’m so happy.
§
I
can’t say how pleased I am.
§
I
had a splendid time there.
§
What
a marvelous place I,Ve ever seen.
§
It’s
an interesting experience.
§
It’s
an outstanding adventure.
§
It’
a sensational trip.
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
percakapan interpersonal / transa ksional melalui tape secara individu.
·
Mendiskusikan
tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara
berpasangan.
·
Mendiskusikan
respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar
|
Merespon
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
1 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Mendengarkan
2 Memahami makna teks fungsional
pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
2.1 Merespon makna secara akurat, lancar dan
berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan
sehari-hari
|
Making, accepting and declining an
invitation;
The
tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable
occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of
invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate
for an informal occasion, but you should express the details clearly. For
further tips visit to invite someone
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mengidentifika-si
beberapa pengumuman lisan di tempat umum secara berkelompok.
·
Mendengarkan
pengumuman melalui tape secara klasikal.
·
Mendiskusikan
isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
|
§ Menjawab pertanyaan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
· Melakukan teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
·
Mempresentasikan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
|
Tugas
Quiz
Ulangan
tertulis
|
1 x 45
1 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
2.2 Merespon makna dalam teks monolog sederhana
yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam
berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan
procedure
|
Teks
monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg
Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut sugar
- 2 cups (500ml) coconut milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces
with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised galangal
Instructions:
- First, cut green jack fruit 1 inch thick.
Wash and boil until tender.
- Next, ground onions, candle nuts, sauté
paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces, stir fry until
chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of water and coconut
sugar, bring to a boil.
- Add the green jack fruit and simmer until
the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut milk 5 minutes before
it’s done, bring back to a boil. Serve
hot with ice.
- This dish is sweet
and usually served with shrimp cracker
1.
Procedure
text can be explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished
through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required for all procedural
texts)
- Steps (a series of steps oriented to
achieving the goal)
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
cerita/petunjuk melakukan sesuatu untuk menemukan berbagai informasi secara
individu
·
Mendiskusikan
perbedaan penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
·
Berdiskusi
secara berkelompok untuk membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung
menyambung.
|
· Merespon teks
monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks
monolog sederhana berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan
teks monolog sederhana berbentuk
procedure
·
Melakukan
teks monolog lisan berbentuk procedure.
·
Mempresentasikan
teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
3 x 45
3 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Berbicara
3. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks
kehidupan seharihari.
|
3.1 Mengung-kapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan interpersonal ( bersosiali-sasi)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan mengguna-kan
ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan
melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/
undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
|
Responding to initial
greetings
-
very well, thank you
and how are you.
-
I’m
good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
-
Fine, thanks.
-
Exellent
Closing/ leave
taking
-
goodbye
-
bye bye, bye now,
see you, take care
-
see you later..fine
-
see you …soon
-
see you tonight..all right.
-
good night
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Bermain
peran secara berpasangan
·
Melakukan
tourist hunting dan merekam percakapan-nya*
|
·
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Performans
ns
|
4 x 45’
2 x 45’
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
3.2 Mengungkap-kan
makna dalam perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan
berteri-ma dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks
kehidu-pan sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan perasaan
bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi
|
Expreesing happiness : formal
§
oh,
I’m so happy.
§
I
can’t say how pleased I am.
§
I
had a splendid time there.
§
What
a marvelous place I,Ve ever seen.
§
It’s
an interesting experience.
§
It’s
an outstanding adventure.
§
It’
a sensational trip.
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Secara
berpasangan menggunakan tindak tutur dan responnya.
·
Bermain
peran secara berkelompok
|
·
Melakukan
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
|
Tugas
Performan
sns
|
3 x 45
4 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Berbicara
4 Mengungkapkan makna dalam teks fungsional
pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana
dalam konteks kehidupan
sehari-hari
|
4.1 Mengung-kapkan makna
dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam
berbagai konteks kehidupan sehari-hari
|
Making, accepting and declining an
invitation;
The
tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable
occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of
invitation. Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate
for an informal occasion, but you should express the details clearly. For
further tips visit to invite someone
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membuat
pengumuman lisan secara berpasangan dan menyampaikannya di depan kelas.
|
§ Menjawab pertanyaan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
§
Melakukan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
· Mempresentasikan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
· Melakukan teks lisan fungsional pendek berupa
Pengumuman Kematian dengan tindak
tutur:mengingat kejadian tertentu
· Melakukan teks
monolog berbentuk recount
|
Performans
|
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
4.2 Mengung-kapkan makna
dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks
monolog berbentuk procedure, contohnya:
How to Make Gudeg
Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g) coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut sugar
- 2 cups (500ml) coconut milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken (cut into small pieces
with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised galangal
Instructions:
- First, cut green jack fruit 1 inch thick.
Wash and boil until tender.
- Next, ground onions, candle nuts, sauté
paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces, stir fry until
chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of water and coconut
sugar, bring to a boil.
- Add the green jack fruit and simmer until
the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut milk 5 minutes before
it’s done, bring back to a boil. Serve
hot with ice.
- This dish is sweet
and usually served with shrimp cracker
2.
Procedure
text can be explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished
through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required for all procedural
texts)
- Steps (a series of steps oriented to
achieving the goal)
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mendengarkan
cerita/petunjuk melakukan sesuatu untuk menemukan berbagai informasi secara
individu
·
Mendiskusikan
perbedaan penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
·
Berdiskusi
secara berkelompok untuk membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung
menyambung.
|
· Merespon teks
monolog sederhana berbentuk recount.
· Melakukan teks
monolog sederhana berbentuk recount
· Menjawab pertanyaan
teks monolog sederhana berbentuk
procedure
·
Melakukan
teks monolog lisan berbentuk procedure.
·
Mempresentasikan
teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
3 x 45
3 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Membaca
5 Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
5.1 Merespon makna dalam
teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks
kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
|
identify the
structure of recount texts;
Meeting a Star
On Saturday morning
at 9:30, I was
walking down Sunda Street,
looking
for a record store.
A man stopped me
and asked me the way
to the Hyatt
Hotel. I wasn't sure
exactly where it
was, but I walked
with him to the end
of Sunda Street. He
was very friendly,
and his face looked
so familiar. Then I
remembered where the
Hyatt was and
told him how to get
there. He thanked
me and tried to give
me something.
I thought it was
money. I said 'no' at
first, but he really
wanted me to have
it, so I took it.
I found the record
store and listened
to a few records. D'
Masive had a new
record that was
number two in the top
twenty. I decided to
buy it. I looked
in my bag for my
wallet and found a
piece of paper the
man gave me. It was
a photo. I was so
surprised! He was a
singer
in D' Masive!
Answer these
following questions based on the text in
1.
Where was the writer?
2.
What was he doing?
3.
What did the man ask the writer?
4.
How was the man's character?
5.
Did the writer help the man?
6.
What did the writer decide to buy?
7.
What did he find in his wallet? Explain.
8.
How was he when he knew who
the man was?
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Mengidentifika-si beberapa pengumuman
tertulis di tempat umum secara berkelompok.
·
Mendiskusikan
isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
|
·
Membaca
nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi
yang benar
·
Mengidentifikasi
topik dari teks yang
dibaca
|
Quiz
Ulangan
tertulis
|
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
5.2 Merespon makna dan
langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks
berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya
;
THE HOLE GAME
Materials
needed:
Two players, one marble per person, a hole
in ground,a line (distance) to start from.
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membaca
nyaring bermakna teks narrative secara individu
·
Mendiskusikan
berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks, secara berkelompok.
·
Berlatih
menggunakan kalimat past tense untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative
untuk menyatakan petunjuk.
|
· Mengidentifikasi
makna dalam teks procedure
· Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks
procedure
·
Menulis
teks berbentuk procedure.
|
Quiz
Ulangan
tertulis
Tugas
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Menulis
6 Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure
dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.1 Mengungkap-kan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan,
undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Arrange
recount texts;
Answer the following questions.
1.
Do you have a diary?
2.
What do people usually write in it?
3.
What sort of advantages can people
get from writing it?
4.
Have you ever written your past experience
in a diary?
5.
I f yes, what was it about?
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membuat
pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya di kelas
/sekolah
|
·
Menggunakan
tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
·
Menulis
gagasan utama
·
Mengelaborasi
gagasan utama
·
Membuat
draft, merevisi, menyunting
·
Menghasilkan
teks fungsional pendek
|
Performansns
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
|
6.2 Mengung-kapkan makna
dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan
menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks
kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis monolog/esei sederhana berbentuk procedure,contohnya
;
THE HOLE GAME
Materials
needed:
Two players, one marble per person, a hole
in ground,a line (distance) to start from.
|
·
Religius,
jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin
tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat,
cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
|
·
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
·
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
|
·
Membuat
draft teks narrative, recount atau procedure dengan
melakukan chain writing.
·
Melakukan
koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
·
Menyempurnakan
draft berdasarkan koreksi teman.
|
· Mengidentifikasi
makna dalam teks procedure
· Mengidentifikasi
langkah-langkah retorika dalam teks procedure
· Membaca nyaring teks
procedure
·
Menulis
teks berbentuk procedure.
|
Tugas
Performan
sns
|
2 x 45
2 x 45
2 x 45
|
Developing
English Competencies
for
Grade X Senior High School (SMA/MA)
Tape
Kamus
Kaset/CD
Tape/CD
Player
OHP/LCD
Foto/
Poster
Gambar
Koran
berbehasa Inggris
Majalah
Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar